Seberapa Penting Menyiapkan Dana Darurat?

    Dibaca 59 kali

Dana darurat merupakan salah satu pos keuangan yang wajib dimiliki dalam kehidupan. Sesuai namanya, dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang dapat digunakan dalam kondisi tidak terduga, misalnya seperti biaya hidup setelah PHK, biaya pengobatan ketika tidak ada asuransi, dan sebagainya. 

Dikutip dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perhitungan atau besaran dana darurat bagi yang tidak mempunyai tanggungan adalah sebesar 3-6 kali pengeluaran per bulan. Sementara itu, jika sudah mempunyai keluarga maka besar dana darurat yang dibutuhkan sebaiknya 6-12 kali pengeluaran per bulan.

Oleh karena itu, dana darurat memang sangat penting bagi kita dan perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi hal tidak terduga di masa depan. Berikut alasan mengapa dana darurat sangat penting untuk dialokasikan, antara lain:

  1. Mengantisipasi kebutuhan mendesak
  2. Mencegah utang
  3. Mencegah belanja konsumtif
  4. Persiapan dana masa depan
  5. Perencanaan keuangan menjadi terkelola dengan baik

Mengingat begitu pentingnya dana darurat, maka Anda sudah harus menyiapkan dari sekarang. Bank Pinar turut andil dalam meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat, sehingga masyarakat yang ingin mempersiapkan dana darurat bisa memilih produk Bank Pinar seperti Tabungan Berjangka Pinang Artha, maupun Deposito Pinang Artha.

Bank Pinar terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).