Mengenal Apa Itu Resesi dan Cara Menghadapinya

    Dibaca 18 kali

Belakangan ini, kita dihebohkan dengan kata ‘resesi’. Saking populernya kata tersebut, banyak orang merasa khawatir untuk menyambut tahun 2023. Tahun depan juga diprediksi sebagai tahun yang gelap.

Lalu apa sih resesi itu? Resesi adalah keadaan saat perputaran ekonomi suatu negara berubah menjadi lambat atau buruk. Perputaran ekonomi yang melambat ini bisa berlangsung cukup lama bahkan tahunan akibat dari pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) suatu negara menurun selama dua kuartal dan berlangsung secara terus menerus.

Saat ini, perekonomian dunia berada dalam kondisi yang sulit, sehingga tidak heran jika isu mengenai ancaman resesi tahun depan bermunculan. Ada empat alasan terkuat yang mendasari hal tersebut yaitu karena pengaruh kondisi ekonomi global, peningkatan suku bunga bank, krisis pangan dan energi, serta ketidakpastian pasar dan utang.

Sebagai masyarakat yang cerdas, Sobat Pinar tidak perlu panik! Berikut ada beberapa cara yang perlu disiapkan dalam menghadapi resesi, di antaranya:

  1. Jangan boros dan mulailah berhemat
  2. Lunasi utang yang ada
  3. Siapkan dana darurat
  4. Berinvestasi dan menabung
  5. Ajukan pinjaman dana hanya untuk utang produktif

Untuk mengatasi resesi ekonomi, Sobat Pinar bisa mulai menabung dan investasi sekarang. Di Bank Pinar, terdapat beberapa produk tabungan dan ada juga produk investasi yaitu deposito.